AREK MESIN

Total Tayangan Halaman

Senin, 23 Mei 2016

MESIN PENGUPAS SABUT KELAPA

A.    LATAR BELAKANG
            Seiring dengan meningkatnya perkembangan ilmu pengetahuan  dan teknologi, maka kebutuhan manusia akan sesuatu cenderung akan  naik pula. Dahulu orang harus bersusah payah untuk membuka sabut kelapa dengan cara menggigit dengan gigi, memukul- mukul dengan batu hingga akhirnya ditemukan logam sebagai alat pembantu untuk  membuka sabut kelapa. Data dari APCC (Asia Pacific Coconut Community) mencatat bahwa Indonesia merupakan negara dengan luas lahan perkebunan kelapa terbesar kedua sedunia dengan luas lahan 3,776 juta ha (Coconut Statistic Yearbook, 2006). Dengan  pembuatan alat maka dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan seiring dengan waktu, kemudian ditemukan alat pengupas sabut kelapa dengan sistem hidrolik yg lebih memudakan petani atau pengusaha kelapa dengan mudah, cepat dan tepat. Terdapat beberapa metode dalam mengupas sabut kelapa. Pengupas sabut kelapa merupakan sub-sistem yang berfungsi untuk mengupas sabut kelapa sampai terlepas dari tempurungnya. Penyerat sabut kelapa bertujuan memisahkan serat (cocofiber) dan debu (cocodust) dari sabut kelapa. Pemilah serat bertujuan memisahkan cocofiber dari cocodust. Pada dasarnya sebagai pemilah dan untuk memisahkan cocofiber dari cocodust yang menempel (Rindengan., 1995).
B.     PEMBAHASAN
            Agrobisnis merupakan suatu usaha baru bagi warga masyarakat Indonesia sebagai ladang usaha yang memiliki prospek yang sangat menggiurkan akhir-akhir ini. Bidang ini tidak hanya berkaitan dengan pertanian sebelum panen, melainkan yang lebih berkembang yaitu industri pengolahan setelah panen. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa bidang ini yang dikuasai industi kecil maupun menengah yang sebenarnya adalah industri rumahan atau perorangan. Selain dikarenakan sulit mendapatkan pekerjaan, tenaga kerja juga tidak lagi berharap ke pabrik-pabrik atau industri yang tidak menjanjikan sebagai pegawai tetap. Para calon tenaga kerja ini umumnya kini beralih untuk menjdi pengusaha atau wirausaha baru yang tidak memerlukan modal besar dan memanfaatkan apa yang keberadaannya banyak disekitar lingkungan hidupnya. Dalam hal ini pemerintah membantu para pengusaha atau wirausaha baik yang kecil,menengah, dan besar dalam segala hal untuk meningkatkan produk yang dihasilkan dalam hal kualitas maupun kuantitas.
            Kelapa merupakan tumbuhan yang kaya akan manfaat, semua bagian dari kelapa bisa dimanfaatkan. Diantaranya air dan daging buah kelapa banyak digunakan untuk minuman segar yang dijual di pedagang kaki lima. Tempurung buah kelapa yang digunakan untuk bahan dasar pembuatan arang dan juga bisa untuk bahan bakar. Sabut buah kelapa bisa digunakan untuk kerajinan tangan, sapu, bahan bakar, dll. Batang pohon kelapa bisa digunakan untuk bahan bakar, dll. Semua bagian dari pohon kelapa bisa dimanfaatkan.
           
            Kita ketahui bahwa pengembang biakan pohon kelapa ini terbilang cukup mudah, yaitu hanya dengan menanam buah kelapa yang sudah tua dan kering. Dan pemeliharaannya juga tidak terlalu susah. Setelah masa penanaman dan pemanenan, tiba saatnya proses produksi setelah panen, yaitu membuat agar buah kelapa bisa menjadi uang ataupun bisa lebih tinggi nilai ekonomisnya di masyarakat. Tentunya sebelum pemrosesan produksi, ada proses dimana membutuhkan waktu lama, yaitu pengupasan buah kelapa. Pemisahan daging dan air kelapa dengan tempurung dan sabut kelapa, disini saya akan membahas pengupasan sabut kelapa, yang hingga saat ini masih dilakukan secara manual di kalangan usaha menengah kebawah, dan itu prosesnya lama,membutuhkan banyak tenaga,berbahaya karena biasanya menggunakan besi tajam yang ditancapkan ditanah, dan bagian runcing atau tajamnya di bagian atas dan orang yang mengupas sabut kelapa posisi badan dan tangannya diatas besi tajam itu. Jadi ada resiko besar terjadi luka akibat besi tajam itu.
            Maka untuk membantu meringankan pekerjaan mengupas sabut kelapa,maka kami buat mesin atau alat pengupas sabut kelapa. Dengan dibuatnya mesin ini diharapkan pekerja atau pengusaha ataupun wirausaha lebih mudah mengoprasikan, sehingga kerja akan lebih efisien dan lebih mudah. Kelebihan Mesin Pengupas Sabut Kelapa yaitu :
            1. Proses pengupasan cukup cepat dalam 1 menit bisa 4-6 butir bisa lebih tergantung operator.
            2.  Lebih aman dibandingkan dengan sistem manual, dilengkapi transmisi kopling sehingga saat selesai mengupas, roll tidak berputar sehingga aman bagi pekerja.
            3. Mesin tidak telalu besar jadi lebih mudah dipindahkan.

            4. Bukan mesin import sehingga spare part mudah didapat.

Penulis: ANGGI FIRSTAMARSYAH (15050524024)

0 komentar:

Posting Komentar